Selasa, 01 Januari 2008

The bEgin of New Year


Malam Rabu,1 Januari 2008 di awal tahun baru masehi.. hujan mengguyur kota bogor secara kontinu...sebenernya ini adalah kisah dari temanku yang abis jalan-jalan ke BTM...

Diangkot 02 ada seorang gadis yg berumur sekitar 15 thn, dengan gelisah ia melihat keluar kaca angkot sambil memeluk tas ransel-nya yg ia penuhi dengan baju-baju.
Kemudian ia bertanya kepada temanku, "teteh, punten kalo mau ke jakarta naik apa ya? ". Temanku(misal Lilla) menjawab,"nanti turun di stasiun bogor trus naik kereta jur.Jkt n turun di St.cawang dst..papar lilla,,mang ade mau kemana?".

'Mau kerumah bapak teh,,saya kabur dari rumah'dengan wajah polos ia menjawab dan saya tahu bahwa dia jujur,,

"Kenapa kabur? Emang rumahnya dimana?"

"Bapa tiri saya jahat teh,,rumahnya diCimande,,ke cawang ke rumah bapak kandung saya,,kakak perempuan saya ada disana,,dia juga kabur dari rumah,,abis berantem sama bapak tiri dan ibu saya "jelas gadis itu

"Jahat kenapa de??"tanya lilla dengan rasa penasaran dan kasihan

"Bapa tiri saya telah melecehkan saya dan kk saya,,"jawabnya sambil menahan air matanya dan menata hatinya

"Melecehkan gimana??ibu kamu tahu nggak??"tanya lilla dgn antusias,,

Kemudian ia menceritakan salah satu dari pelecehan yg dilakukan oleh ayah tirinya yang bekerja sebagai supir angkot "Waktu saya sedang dikamar mandi, tiba-tiba bapak tiri saya masuk, saya berteriak kepada ibu saya tapi yang ada ibu malah mempercayai bapak tanpa mempedulikan alsan dan kejadian yg sebenarnya terjadi"

Ade ini adalah gadis yg seharusnya telah duduk dikelas 3 sMP tapi putus sekolah saat kelas 4 SD karena ibunya bercerai dengan ayah kandungnya yg berprofresi sbg tukang pijit keliling,,ia mempunyai satu kk perempuan yang telah bekerja sebagai buruh di sebuah pabrik dan 2 orang adik laki-laki yang masih kelas 2 sD dan TK, Ibunya adalah penjual warung kecil dipinggir jalan sedangkan ade membantu menjaga adik-adiknya dirumah. Ia bercerita bahwa ia sudah tidak tahan atas tingkah laku ayah tirinya yg sangat biadab.

Menurutku hal ini terjadi karena himpitan ekonomi yang teramat sangat sehingga membuat sebagian keluarga yg dihimpit ekonomi meninggalkan logika mereka, ketika saya mendengar, kisah ini seperti sebuah sinetron, diamana seorang anak dilecehkan oleh ayah tirinya kemudian ia kabur dari rumah ke jakarta tidur di jalanan dan berlari karena berhadapan dengan preman jalanan kemudian tertabrak mobil orang kaya n dirawat,,yah semacam itulah gambaran saya ketika lilla menceritakannya,,(kecil banget ya wacana-nya maaf tapi ini jujur,temen2 kost juga berpendapat sama,,seperti sinetron)
Miris, kesal, dan geram terhadap bapak tirinya dan ibunya yang tidak mengerti dan mempercayai anaknya walau hanya sedetik, Seketika jiwa saya terbasuh air yang menyejukkan,,luar biasa Maha Baik Allah memberikan ujian kehidupan yang hebat yang belum tentu bisa kupikul sebagai kado untuk menuju jannah-Nya kelak amiin,,,semoga Allah melimpahkan perLindungannya dan Rahmat kepadamu dik,,

Dan Kisah lain dari pelecehan seksual yaituketika saya sedang menaiki kereta pagi menuju bogor karena ada kuliah jam 7 jadi dari rumah naik kereta jam 5 seorang wanita setengah baya yang jiwanya terguncang tengah berjalan melewati gerbong kereta ke gerbong lain dan yang mengherankan perutnya membuncit, aku berpikir mungkin sedang sakit tapi jika diperhatikan perut wanita ini sedang hamil sekitar 7 bulan,,Astagfirullah siapa laki-laki kurang ajar yang mungkin akalnya telah tercabut dari jiwanya tega menghamili wanita ini, Sedih?? tentu itu yang saya rasa tapi..hanya sebatas sedih dan sebuah doa untuknya,,,Semoga Allah selalu melindungimu, merawat anakmu dan memberikan hidayah kepada laki-laki yang telah menodaimu disaat kondisimu yang lemah dan tak tersadar akan dunia amiin..ya Allahu ya Rabbil 'izzat, ya hanya sebuah untaian doa yang aku bisa lakukan...maaf..Tapi lihatlah 10 tahun lagi akan berdiri sebuah LSM yang akan memperjuangkan hak-hak saudariku yang dirampas oleh ketidakberdayaannya dan ayo kita buktikan bahwa wanita adalah ciptaan Allah yang memang diciptakan agar terlihat lemah padahal dipundak kami terdapat beban yang lebih berat dibanding pria, dihati kami terbentang samudera kesabaran tanpa batas, dijiwa kami terdapat sebagian kelembutan dan curahan kasih sayang-Nya yang akan kami berikan kepada saudara-saudara kami di pelosok dunia, mata kami yang sangat mudah menangis adalah bagian dari aliran sungai firdaus yang akan menguatkan kaki kami untuk melangkah jauh kedepan menuju jannah-Nya,

Ada apa dengan dunia ini mengapa banyak fenomena yang seharusnya bisa menampar nurani tapi sekali lagi hanya ada rasa kasihan dan iba,,padahal mereka tidak membutuhkan rasa kasihan dan iba, bukan sebuah konsep yang hanya bersifat teoritis dan kontekstual, mereka butuh sebuah kepedulian kita,,
Teruntuk semua teman dan saudara yang membaca tulisan ini memang belum terlalu bagus dan tidak menyentuh nurani tapi tolong kirimkan doa tersembunyi untuk saudara-saudara kita yang sedang dilanda ujian dalam hidup,,,yaah just it terkadang masalah dan ujian kita akan terlihat kecil dimata mereka yang telah merasakan ujian yang dahsyat dalam hidupnya,,

Wallahu'alaam bi shawab
Wassalamu'alaikum
Seorang hamba yang mendamba CintaNYa

1 komentar:

pipin mengatakan...

"...Tapi lihatlah 10 tahun lagi akan berdiri sebuah LSM yang akan memperjuangkan hak-hak saudariku yang dirampas oleh ketidakberdayaannya...", sebuah mimpi yang akan menjadi kenyataan...Saling mendoakan ya wi...